BERITA

Pelepasan Peserta Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

Selasa, 16 April 2019   Admin   1266  

Pada hari senin 31 juli 2017 Kepala Dinas Perhubungan melepas keberangkatan 112 orang pemuda NTB menuju Politeknik Pelayaran Surabaya untuk mengikuti program pemberdayaan masyarakat. Program ini mempersiapkan karir pemuda dibidang kelautan dengan mengikuti Pendidikan VOKASI yaitu pendidikan berbasis peningkatan ketrampilan teknis yg berfokus pada penyiapan kebutuhan memasuki pasar kerja. Para peserta pendidikan vokasi angkatan pertama dari NTB ini sejumlah 112 orang, dari seluruh kab/kota se NTB. Seluruh peserta dalam mengikuti program ini tidak dipungut biaya sama sekali (gratis).

Setelah angkatan I ini, Dinas Perhubungan Provinsi NTB juga kembali membuka pendaftaran untuk  angkatan kedua sejumlah 200 orang, sampai hari ini  sudah mendaftar sekitar  90an orang. Program ini  merupakan cara mempersiapkan kesempatan bekerja dan berkarir bagi pemuda NTB agar bisa bekerja sebagai pelaut. Para peserta pendidikan vokasi, akan mengikuti pendidikan selama 2 pekan di Politeknik Pelayaran Surabaya. Setiap peserta yang lulus, akan memperoleh 3 sertifikat yang dibutuhkan untuk bekerja di kapal, yaitu 1. Sertifikat BST : Basic Safety Training; pengetahuan dasar keselamatan dilaut 2. Fire Fighting Certificate ; Sertifikat Pemadam Kebakaran 3. Buku Pelaut ; semacam Surat Izin/ lisensi standard seorang pelaut. Ketiga jenis sertifikat dan lisensi tersebut berstandard internasional, diakui oleh IMO (International Marine Organization/Organisasi Pelaut Internternasional). Pendidikan vokasi ini merupakan salah satu persiapan menghadapi trend masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA bahkan pasar  kerja global. Dalam sambutannya Kadishub Provinsi menegaskan agar peserta pelatihan untuk menjaga nama baik NTB dengan disiplin dalam mengikuti program pelatihan, bersikap tegas sekaligus tetap bersikap santun dalam bersikap.

sumber : https://dishub.ntbprov.go.id/2017/08/01/pelepasan-peserta-pelatihan-pemberdayaan-masyarakat/

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Mengamankan Arus Mudik & Arus Balik Lebaran 2024

    SUMBAWA BESAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumbawa mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah

    JELANG BUKA PUASA, DINAS PERHUBUNGAN SIAGA MENGATUR LALU LINTAS

    Sumbawa - Selama Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Anggota Satuan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa siaga mengatur lalu lintas jelang buka puasa.

    Pembinaan Disiplin Pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa

    Dalam upaya memperbaiki tata kelola dan meningkatkan efisiensi layanan, Dinas Perhubungan mengambil langkah dalam pembinaan disiplin pegawai.