BERITA

Dishub Sumbawa Menindak Lanjuti Permintaan Penertiban Parkir Tepi Jalan Garuda

Rabu, 26 Juli 2023   Admin   112  

Pesatnya pertumbuhan penduduk di daerah perkotaan ini menyebabkan tingginya infrastruktur yang harus disediakan oleh pemerintah. Transportasi sebagai salah satu pendukung dalam mobilitas penduduk di perkotaan. Sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat, jumlah kendaraan pribadi yang dimiliki juga semakin meningkat pula, sehingga mengakibatkantingginya arus kendaraan di jalan raya dan mengakibatkan kemacetan di beberapa ruas jalan.Kondisi ini tentunya menuntut pemerintah daerah selaku pelayan publik, untuk dapat memberikan fasilitas sarana dan prasarana dalam pengaturan arus kendaraan serta memberikan jasa pelayanan parkir yang memadai bagi warga Sumbawa. Namun seringkali masyarakat tidak memahami aturan-aturan dalam penggunaan parkir tepi jalan, dimana justru menggunakan badan jalan yang tidak seharusnya dipergunakan sebagai tempat parkir kendaraannya, atau memarkir kendaraan secara sembarangan. Kondisi ini tentunya yang mengakibatkan kemacetan di jalan raya, sehingga lahan parkir dan juga petugas parkir yang dapat mengarahkan serta menata kendaraan agar parkir di tempat yang seharusnya secara benar dan tidak menggangu kelancaran arus jalan raya. Ketidakteraturan parkir kendaraan pada lokasi pusat kegiatan, terutama akibat kendaraan yang parkir di jalan, akan mengurangi daya tampung efektif jalan, yang selanjutnya berakibat menghambat kelancaran arus lalu-lintas Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan kualitatif dimana yang dilakukan bersifat deskriptif yang menggambarkan fenomena sebenarnya dari kejadian di lapangan. Dalam kegiatannya Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa melakukan survey titik Parkir yang berlokasi di jalan Garuda depan SMAN 1 Sumbawa dan depan RSUD Kab. Sumbawa. Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa melakukan Teknik pengumpulan data secara wawancara dan dokumen yang terkait dengan permintaan. Teknik analisis data dalam kegiatan ini dilakukan secara kualitatif. Sampai saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa masih berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait untuk mencari jalan keluar mengenai permasalahan ini.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Mengamankan Arus Mudik & Arus Balik Lebaran 2024

    SUMBAWA BESAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumbawa mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah

    JELANG BUKA PUASA, DINAS PERHUBUNGAN SIAGA MENGATUR LALU LINTAS

    Sumbawa - Selama Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Anggota Satuan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa siaga mengatur lalu lintas jelang buka puasa.

    Pembinaan Disiplin Pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa

    Dalam upaya memperbaiki tata kelola dan meningkatkan efisiensi layanan, Dinas Perhubungan mengambil langkah dalam pembinaan disiplin pegawai.